4 Kelebihan Produk Asuransi Kesehatan Syariah di Indoensia

Asuransi Kesehatan Syariah

Bagi yang tidak menyukai asuransi kesehatan konvensional bisa menjadi nasabah asuransi kesehatan syariah. Ada beberapa orang yang tidak menyukai hal-hal yang sifatnya konvensional seperti bank konvensional maupun asuransi dengan basis konvensional. Namun kini telah ada yang basisnya syariah baik itu di bank maupun asuransi. Sesuai dengan namanya, basis  syariah ini akan lebih condong ke syariat islam dalam mengelola dana yang masuk. Meski Indonesia adalah negara dengan umat muslim terbesar, namun produk keuangan dengan dasar syariah ini masih terbatas dan belum terlalu diminati padahal ada kelebihan atau keunggulan dari produk keuangan dengan basis syariah tersebut. Berikut ini adalah beberapa kelebihan asuransi kesehatan syariah yang penting untuk dipertimbangkan oleh masyarakat:

Baca juga : 3 Aneka Roti Basah Paling Diminati Masyarakat Indonesia

Sesuai dengan Syariat Islam

Produk keuangan khususnya dengan basis syariah sesuai dengan syariat agama islam, hal tersebut terbukti bahwa asuransi kesehatan dengan basis syariah ini memiliki alur keuangan yang jelas dimana dana yang masuk akan dibagi menjadi beberapa ketentuan.

Bisa Double Claim

Kelebihan asuransi kesehatan dengan dasar syariah yang harus diperhatikan adalah bisa melakukan double klaim. Asuransi kesehatan konvensional tidak semuanya bisa melakukan double klaim ini. Double klaim bisa dilakukan jika nasabah asuransi sudah terdaftar dalam asuransi kesehatan pemerintah seperti BPJS dan memiliki asuransi kesehatan swasta. Ada asuransi kesehatan basis syariah milik swasta yang membayar sesuai tagihan tanpa harus melihat berapa dana yang belum ditanggung oleh BPJS sehingga nasabah akan diuntungkan karena BPJS dan asuransi kesehatan milik swasta tersebut sama-sama melakukan penggantian biaya rumah sakit.

Memiliki Fungsi yang Sama

Kelebihan lainnya adalah fungsi dari asuransi kesehatan syariah ini sama dengan yang konvensional dimana akan melakukan penggantian terhadap biaya perawatan rumah sakit akibat penyakit yang ditanggung pada polis asuransi dan akibat kecelakaan. Fasilitas cashless pun sudah ada pada beberapa perusahaan asuransi dengan produk asuransi kesehatan basis syariah.

Memiliki Dewan Pengawas

Yang berbeda antara asuransi kesehatan konvensional dengan yang basis syariah adalah adanya Dewan Pengawas Syariah, dewan inilah yang akan mengawasi perusahaan asuransi tersebut agar sistemnya tidak melenceng dari konsep syariah. Asuransi dengan basis konvensional tidak memiliki dewan ini sehingga tidak ada pengawasan dengan dana yang masuk.

Baca juga : 3 Cara Memasang Google Analytics di WordPress dengan Mudah

Demikianlah beberapa kelebihan asuransi kesehatan syariah yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar