Asuransi Mobil Terbaik dan Garansi Mobil. Sama atau Berbeda?

Asuransi Mobil Terbaik dan Garansi Mobil. Sama atau Berbeda?

Untuk kategori mobil bernilai tinggi solusi perlindungan paling tepat memang asuransi mobil terbaik. Pertimbangannya tentu saja adanya jaminan kerugian jika terjadi risiko pada kendaraan sewaktu-waktu.

Namun adakalanya orang cukup mengandalkan garansi mobil saja. Pertimbangannya mungkin biaya premi asuransi tidak terjangkau atau prosedur pengurusannya lumayan ribet.

Nah, apa sebenarnya perbedaan antara asuransi mobil terbaik dan garansi mobil? Bukankah keduanya sama-sama menawarkan perlindungan pada mobil Anda?

Asuransi kendaraan bermotor atau asuransi mobil bisa didapat setelah terlebih dahulu mendaftar di perusahaan asuransi. Dengan kata lain perlindungan dimulai setelah konsumen membeli asuransi dan rutin membayar premi setiap tahun.

Untuk garansi mobil bisa didapat langsung ketika mobil (baru) dibeli. Dengan sendirinya perlindungan bisa didapat dari pertama kita membelinya. Jika asuransi diberikan polis, garansi mobil memberikan nota pembelian dan formulir yang harus diisi data diri. Selanjutnya kita diberi kartu garansi untuk pengajuan klaim.

Perbedaan asuransi mobil dan garansi mobil berikutnya terletak pada perlindungan yang diberikan. Untuk asuransi mobil terdapat dua pilihan yatu asuransi all risk dan asuransi Total Loss Only (TLO).

All risk menanggung semua risiko, termasuk kehilangan dan kecelakaan yang mengakibatkan mobil rusak berat atau ringan. Sedangkan TLO memberi jaminan pertanggungan jika mobil mengalami kerusakan dengan biaya perbaikan diatas 75% dari harga mobil.

Sedangkan untuk garansi mobil hanya memberi perlindungan pada mesin dan spare part. Tidak menanggung risiko kehilangan. Garansi secara umum hanya memberikan perawatan gratis, perbaikan (tidak termasuk penggantian suku cadang), dan ganti oli gratis dalam jangka waktu tertentu.

Yang terakhir jangka waktu dan biaya. Asuransi mobil memberi jangka waktu tak terbatas. Perlindungan akan terus diberikan selama konsumen rutin membayar premi setiap tahun. Besarnya premi tergantung kesepakatan namun biasanya mengacu pada harga dan usia mobil.

Sementara itu untuk garansi mobil biasanya hanya untuk jangka waktu terbatas, maksimal 3-5 tahun. Dalam hal ini konsumen tidak dipungut biaya apapun kecuali ada penggantian suku cadang.

Jika garansi mobil bisa langsung Anda dapatkan di dealer atau showroom, lantas dimana asuransi mobil terbaik bisa Anda beli? Jawabannya tentu saja di JAGAIN. Situs JAGAIN.COM adalah broker asuransi profesional dimana Anda bisa membeli produk asuransi apapun secara online.

Artikel Menarik Lainnya : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.