Apakah Asuransi Mobil All Risk Adalah Pilihan Terbaik?

Apakah Asuransi Mobil All Risk Adalah Pilihan Terbaik?

Asuransi mobil all risk adalah bentuk asuransi mobil yang paling umum ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Asuransi all risk artinya pihak asuransi akan memberikan pertanggungan pada segala macam resiko dan kerusakan mobil termasuk kerusakan yang ringan-ringan seperti lecet atau bekas terserempet, hingga resiko kehilangan mobil akibat pencurian atau perampasan. Terdengar lebih menguntungkan? Tentu akan lebih menguntungkan apabila Anda memberikan perlindungan secara total pada mobil Anda karena segala macam kerusakannya bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Namun hal penting yang harus Anda perhatikan adalah preminya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi mobil jenis lainnya.  Premi untuk all risk biasanya dihitung sekitar 2,5 – 3,5 % dari harga mobil untuk per tahun. Jadi makin mewah mobil Anda tentu akan makin tinggi premi asuransinya.

Resiko yang ditanggung seluruhnya

Bagaimanapun juga tidak bisa dipungkiri bahwa resiko yang mengancam di jalan raya memang bisa menakutkan. Apa saja bisa terjadi pada mobil Anda tanpa terencana. Memiliki asuransi mobil all risk yang bisa menanggung biaya resiko tersebut tentunya membuat Anda merasa lebih aman.

Baca juga : 4 Tips mendapatkan Asuransi Jiwa Terbaik Paling Jitu

Apalagi perluasan manfaatnya pun bisa menanggung biaya pertanggungan pihak ketiga yang merasa dirugikan ketika bersinggungan dengan mobil tertanggung. Jadi bagi Anda yang mampu, merasa punya resiko yang tinggi mengalami resiko ketika berkendara, atau kendaraan digunakan oleh orang yang masih belum berpengalaman dalam menyetir (anak Anda misalnya), asuransi all risk bisa jadi pilihan yang lebih pas untuk memberikan perlindungan keseluruhan pada mobil.

Bedanya dengan asuransi TLO?

Asuransi all risk biasanya akan dibuntuti oleh asuransi TLO atau Total Loss Only. Asuransi TLO adalah pertanggungan untuk kerusakan mobil yang levelnya biasaya di atas 75% atau hilang karena pencurian atau peramapasan. Asuransi ini akan menanggung biaya perbaikan atau penggantian mobil yang mengalami kerusakan berat akibat dari kecelakaan, bencana alam, atau karena tindakan kriminal dan/atau huru hara. Mobil yang lecet atau cat yang mengelupas tidak ditanggung oleh asuransi TLO, namun preminya lebih terjangkau dan tidak semahal all risk.

Baca juga : 3 Syarat Mendaftar Asuransi Jiwa yang Penting Untuk Diperhatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *