5 Analisa Ternak Ayam Petelur yang Penting Diketahui

5 Analisa Ternak Ayam Petelur yang Penting Diketahui

Dalam berbisnis analisa sangat diperlukan begitu pula ketika beternak ayam petelur ini. Ternak ayam petelur ini memiliki prospek yang menggiurkan dikarenakan banyak dibutuhkan. Kandungan protein yang ada di dalam petelur dipercaya bisa membuat kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga. Protein ini bisa digunakan sebagai pengganti sel tubuh yang rusak. Kekurangan protein akan menyebabkan sel tubuh dan kesehatan menjadi terganggu. Dari data yang tersaji tahun ke tahun kebutuhan akan telur ini mengalami peningkatan sehingga tidak mengherankan jika peluang bisnis ayam petelur ini begitu potensial untuk digeluti. Meski menarik ada beberapa analisa ternak ayam petelur yang harus diperhatikan oleh peternak. Berikut ini adalah beberapa analisa yang harus diperhatikan:

Analisa Modal

Analisa ternak ayam petelur yang pertama adalah modal. Setiap bisnis yang digeluti membutuhkan analisa modal yang tepat. Kekurangan modal akan menyebabkan bisnis bisa berhenti di tengah jalan. Modal ini tidak hanya dihitung dari awal pendirian peternakan saja, namun sampai ke masa panen tiba. Mengapa begitu?, alasannya karena selain modal di awal pendirian peternakan ada beberapa biaya lainnya yang harus diperhatikan misalnya saja adalah biaya pakan, obat-obatan dan lain sebagainya. Modal untuk memberikan pakan ayam layer sangat besar karena tumbuh dan kembang ayam layer tersebut tergantung dengan pakan yang diberikan. Semakin bernutrisi pakan ayam layernya bisa membuat tumbuh dan kembang ayam ini menjadi maksimal. Supaya tidak kekurangan dana penting untuk menganalisa dengan tepat berapa modal yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis peternakan ini dan menyisakan dana untuk kegiatan operasional sampai masa panen tiba.

Analisa Harga Ayam Petelur

Banyak pemberitaan yang mengatakan jika peternak ayam petelur terus merugi.  Kerugian yang ada tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal salah satunya karena prediksi harga telur ayam yang tidak tepat. Peternak yang sudah profesional akan mengetahui kapan harga telur ayam tersebut naik dan  mengalami penurunan. Analisa ini penting untuk memperoleh profit atau keuntungan. Jika biaya produksi lebih tinggi dibandingkan dengan pemasukan maka peternak akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu untuk bisa mendapatkan profit penting bagi peternak untuk mengetahui kapan harga telur ayam naik dan kapan mengalami penurunan. Telur ayam harganya akan naik ketika Idul Fitri atau bulan puasa, hal itu dikarenakan banyak dibutuhkan untuk membuat nasi box dan pembuatan kue kering.

Baca juga :6 Kerugian dan Keuntungan Ternak Ayam Broiler Sistem Kemitraan

Analisa Pesaing

Analisa ternak ayam petelur yang tidak boleh dilupakan adalah analisa pesaing. Analisa ini penting untuk mengetahui seberapa banyak pesaing yang ada dan seberapa kuat mereka. Dengan melakukan analisa ini peternak ayam petelur bisa mengetahui bagaimana strategi bisnis yang bisa dijalankan supaya bisa bersaing secara kompetitif dengan kompetitor. Jika tidak bersaing secara kompetitif bisa dipastikan peternak akan kalah saing dari pesaingnya.

Analisa Target Pasar

Target pasar juga perlu dianalisis. Banyak bisnis yang gagal dikarenakan salah dalam menganalisa target pasar. Target pasar adalah siapa yang akan dituju dalam bisnis. Setiap bisnis memiliki target pasarnya masing-masing. Sebagai contoh target pasar untuk bisnis ternak ayam petelur ini adalah ibu rumah tangga, toko sembako, pedagang pasar, dan lain sebagainya.

Harga DOC

Harga DOC juga perlu dianalisis. Hal itu dikarenakan berhubungan dengan modal yang akan dikeluarkannya. Semakin mahal harga DOCnya maka semakin besar modal yang harus dikeluarkan. Harga dari DOC ayam petelur ini begitu fluktuatif sehingga penting bagi peternak ayam petelur untuk menganalisa kapan harga DOC tinggi dan kapan rendah.

Beternak ayam petelur tidak boleh sembarangan. Selain mengetahui tips beternak ayam petelur dengan baik dan benar, peternak juga harus melakukan beberapa analisa ternak ayam petelur yang sudah dijelaskan di atas supaya hasil ternaknya menjadi maksimal.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Kualitas Karkas Ayam Broiler

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.