Cara Membedakan Ayam Karkas Sehat

Cara Membedakan Ayam Karkas Sehat

Karkas ayam adalah pilihan yang pas untuk para ibu rumah tangga, karena dapat dengan mudah ditemui di pasar tradisional atau supermarket besar dan penyimpanannya juga lebih mudah. Jika kamu membelinya di supermarket besar, biasanya karkas ayam sudah dijual dalam bentuk frozen sedangkan di pasar tradisional kamu akan menemukan karkas ayam yang masih segar dan baru saja di potong. Meskipun kamu membeli dalam bentuk frozen, kesegaran dan kandungan nutrisinya akan tetap sama jika dipotong dari ayam yang berkualitas. Lalu bagaimana caranya memilih daging karkas yang baik dan berkualitas?

Ini adalah ciri yang paling mudah untuk dilihat saat pertama kali ingin membeli ayam karkas, yaitu dagingnya tidak mengandung banyak air. Bagaimana cara mengetahuinya? Tekan daging ayam, jika saat ditekan keluar banyak air melalui pori-porinya maka ayam tersebut diberi banyak air sebelum di sembelih. Sebenarnya hal tersebut jika mengandung banyak air tidak merugikan jika kamu konsumsi tetapi merugikan dalam segi ekonomi karena beratnya tidak normal.

Selain itu tektur kulit ayam karkas terlihat mulus dan mengkilap, menandakan bahwa dagingnya masih kenyal dan seratnya tidak rusak. Karena jika kamu ketahui, daging ayam yang telah busuk akan mudah hancur. Baud aging ayam karkas yang masih segar dan baik untuk di konsumsi adalah berbau segar tanpa ada bau anyir. Jika kamu mencium ada bau anyir maka bisa dipastikan bahwa ayam tiren yang diberikan bahan pengawet.

Juga harus diperhatikan daging ayam karkas yang masih bagus tidak memiliki memar sama sekali. Jika menemukan daging ayam yang memiliki memar pada dagingnya, maka bisa dipastikan bahawa ayam tersebut mati secara tidak normal, sebab adanya pembekuan di pembuluh darah. Jika ayam yang mati secara dipukul biasanya tulangnya juga akan mengalami kerusakan. Berbeda dengan ayam yang masih segar, tulangnya masih dalam keadaan baik. Jangan memeriksa kesegaran daging ayam karkas saja, tapi juga periksa keadaan tulangnya juga.

Dari segi warna, daging ayam karkas segar akan bewarna putih kekuningan sedangkan yang bewarna putih dan memiliki tekstur daging begitu kenyal adalah ciri dari ayam karkas yang telah diberikan pengawet. Untuk ayam tiren dagingnya akan bewarna kehitaman. Ayam tiren lebih mudah dikenali jika masih mentah, jika sudah dimasak bentuknya akan terlihat sama dengan ayam segar. Maka dari itu, hal-hal tersebut wajib kamu kenali agar dapat memilih daging ayam karkas yang segar dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.