6 Kerugian dan Keuntungan Ternak Ayam Broiler Sistem Kemitraan

6 Kerugian dan Keuntungan Ternak Ayam Broiler Sistem Kemitraan

Komoditas ayam broiler memiliki prospek pasar yang besar karena produknya bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat.  Selain itu ayam broiler ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh manusia karena terdapat kandungan lemak, protein, dan kalori.  Daging ayam yang tidak dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya lebih rendah kolesterol dibandingkan dengan daging sapi maupun kambing. Karena pangsa pasar dan peluangnya yang begitu besar membuat bisnis ternak ayam broiler ini menarik digeluti.

Keuntungan Ternak Ayam Broiler Sistem Kemitraan

Selain menggunakan sistem mandiri ada sistem kemitraan yang bisa dipilih oleh peternak ayam broiler. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh peternak yang menggunakan sistem kemitraan ini. Berikut adalah keuntungan ternak ayam broiler sistem kemitraan yang bisa didapatkan oleh peternak:

Harga Ayam Bisa Lebih Tinggi Dibandingkan Harga Pasar

Keuntungan sistem kemitraan yang bisa didapatkan oleh peternak adalah harga ayam broiler bisa lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasar. Hal itu dikarenakan sebelum mengetahui harga jual daging ayam broiler di pasar sudah terjadi kesepakatan yang kuat antara perusahaan kemitraan dengan peternak tentang harga jual daging ayam broiler tersebut.

Sapronak Ditanggung Perusahaan Kemitraan

Keuntungan lainnya yang menggiurkan adalah perusahaan kemitraan ini akan menanggung sapronak. Sapronak adalah singkatan dari Sarana Produksi Peternakan. Sarana Produksi Peternakan ini mencakup bibit, pakan, dan juga obat-obatan. Untuk membeli sapronak peternak harus mengeluarkan modal yang besar, sehingga dengan menggunakan sistem ini sapronak akan ditanggung oleh perusahaan inti atau kemitraan.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Kualitas Karkas Ayam Broiler

Meski begitu ada juga sistem kemitraan yang menyebutkan bahwa perusahaan kemitraan hanya memberikan pinjaman modal berupa sapronak kepada peternak sehingga nanti ketika masa panen tiba peternak harus membayar hutang kepada perusahaan kemitraan tersebut. Oleh sebab itu supaya jelas dengan sistem kemitraan yang akan dijalani peternak harus membaca surat perjanjian yang mengikat antara dirinya dengan perusahaan kemitraan tersebut.

Pemasaran Dilakukan Bersama-sama

Keuntungan ternak ayam menggunakan sistem kemitraan adalah pemasaran dilakukan bersama-sama. Hal ini akan menguntungkan peternak yang target pemasarannya masih terbatas. Dengan dibantu oleh perusahaan kemitraan peternak tidak akan kebingungan dalam memasarkan hasil panennya.

Kerugian Ternak Ayam Broiler Sistem Kemitraan

Selain keuntungan, ada beberapa kerugian yang bisa ditanggung oleh peternak. Tidak hanya keuntungan saja yang harus diperhatikan namun kerugiannya pun harus diperhatikan. Simak kerugian yang bisa didapatkan oleh peternak yang menggunakan sistem kemitraan berikut ini:

Ketidakjujuran

Kerugian ternak ayam broiler sistem kemitraan yang bisa didapatkan oleh peternak adalah ketidakjujuran dari perusahaan kemitraan tentang biaya pasti yang harus ditanggungnya. Hal ini sering terjadi pada sistem kemitraan dimana perusahaan kemitraan hanya meminjamkan modal berupa sapronak kemudian setelah masa panen harus membayarnya. Perusahaan kemitraan yang tidak jujur akan meninggikan biaya sapronak dari harga normal atau semestinya.

Sistem Bagi Hasil yang Tidak Merata

Kerugian yang harus diperhatikan oleh peternak yang akan menggunakan sistem kemitraan adalah sistem bagi hasil yang tidak merata. Jika sistem bagi hasilnya tidak merata justru akan merugikan peternak dan menguntungkan perusahaan inti atau kemitraan.

Potongan Harga

Untuk harga jual ayam broiler ini memang sudah disepakati sejak awal, namun akan ada potongan harga jika ada ayam yang sakit. Jika musim dan iklim sedang tidak bersahabat, akan banyak ayam yang sakit dan mati. Hal ini justru akan merugikan peternak karena harga ayam menjadi sangat rendah.

Sebelum menggunakan sistem kemitraan peternak harus mempertimbangkan dengan baik keuntungan dan kerugiannya. Semoga keuntungan dan kerugian ternak ayam broiler sistem kemitraan yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan sedikit gambaran kepada peternak yang berniat mengikuti sistem kemitraan ini.

Baca juga : 5 Analisa Ternak Ayam Petelur yang Penting Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.