Manfaat Roti Gandum dan Tips Memilih Roti Gandum yang Berkualitas

Manfaat Roti Gandum dan Tips Memilih Roti Gandum yang Berkualitas

Meskipun nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, kini banyak masyarakat terutama yang tinggal di daerah perkotaan mulai mengonsumsi roti untuk sarapan atau bekal dibawa ke sekolah/kantor sebagai pengganti nasi. Salah satu alasannya adalah karena roti lebih praktis untuk dibawa dan dimakan di berbagai kesempatan.

Kebanyakan masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan roti tawar, yang mudah dijumpai di toko maupun swalayan. Namun, tak banyak dari konsumen di Indonesia mengonsumsi roti gandum yang berwarna lebih gelap dan kecokelatan ketimbang roti tawar yang sering dikonsumsi. Padahal, roti gandum memiliki segudang manfaat, dan bahkan jauh lebih menyehatkan dari pada roti tawar biasa. Berikut ini beberapa manfaat roti gandum dan juga tips memilih roti gandum yang berkualitas baik untuk dikonsumsi.

Manfaat roti gandum

  1. Memiliki kandungan serat dan nutrisi yang tinggi

Yang dimaksud roti gandum di sini adalah roti yang terbuat dari gandum utuh dan kaya akan serat. Gandum utuh maksudnya adalah gandum yang masih memiliki benih, endosperma dan dedak. Ketiga lapisan ini membuatnya tinggi akan kandungan serat. Sedangkan roti tawar merupakan roti yang terbuat dari gandum putih saja, yaitu bagian endosperma tanpa benih dan dedak. Selain serat, terdapat juga protein, anti oksidan, magnesium, zat besi dan vitamin B yang sangat baik untuk tubuh.

Baca juga : Memulai Usaha Roti Bakar Hingga Sukses

  1. Rendah lemak dan kolesterol

Selain tinggi nutrisi, roti gandum ternyata juga rendah lemak dan kolesterol. Jadi, roti ini sangat bagus untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, atau untuk orang yang menghindari kolesterol.

  1. Mengurangi risiko berbagai penyakit

Karena nutrisi dan seratnya yang tinggi serta rendah lemak dan kolesterol, roti gandum utuh sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, jantung obesitas, dan penderita beberapa jenis penyakit kanker.

Tips memilih dan mengonsumsi roti gandum

Cermati tips berikut ini agar Anda tidak salah pilih roti gandum.

  1. Jangan hanya melihat penampilan

Jangan terburu-buru membeli roti hanya karena memiliki ciri yang mirip dengan roti gandum utuh yaitu berwarna kecokelatan dan dengan tekstur yang agak kasar. Meskipun kemasannya diberi label gandum utuh, Anda tetap harus mengecek komposisi roti. Sering kali produsen nakal mengelabuhi konsumen dengan memproduksi roti gandum biasa yang terbuat dari tepung gandum putih dan diberi pewarna kemudian melabelinya dengan tulisan gandum utuh.

  1. Jangan mudah tertipu iklan

Jangan mudah percaya dengan iklan yang mengatakan bahwa roti tersebut mengandung serat tinggi dan terbuat dari gandum yang 100% utuh dan alami. Karena jika roti tersebut hanya terbuat dari gandum putih, dan dicampur dengan tepung gandum hitam, maka serat yang dimiliki tak akan setinggi serat gandum utuh.

  1. Jangan berlebihan mengonsumsi roti gandum

Meskipun manfaat roti gandum baik untuk kesehatan, mengonsumsinya secara berlebihan dapat berarti memberikan sodium yang berlebih untuk tubuh Anda. Segala sesuatu yang tidak sesuai takaran tentunya tidak akan baik bagi tubuh

  1. Imbangi dengan makanan sehat lain

Untuk memaksimalkan manfaat roti gandum, imbangi konsumsi roti gandum dengan makanan pendamping yang bergizi tinggi seperti sayur dan telur.

Baca juga : Sari Roti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.