Memulai Usaha Roti Bakar Hingga Sukses

Memulai Usaha Roti Bakar Hingga Sukses

Salah satu usaha yang tidak terlalu merepotkan namun menghasilkan untung yang lumayan adalah usaha roti bakar. Selain mudah dibuat dan membutuhkan bahan-bahan yang tidak sulit didapat, roti bakar juga digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Seperti halnya memulai bisnis yang lain, untuk membuka usaha roti bakar juga memerlukan persiapan yang matang dan juga strategi yang tepat. Berikut ini beberapa informasi tentang hal yang perlu dipersiapkan, perkiraan modal yang dibutuhkan, serta strategi yang perlu dilakukan agar roti bakar yang dijual laris manis dibeli pelanggan.

Bahan atau alat yang perlu dipersiapkan

Untuk memulai usaha roti bakar, tentunya Anda akan memerlukan beberapa peralatan yang harus ada untuk membuat roti bakar yang lezat.

  1. Kios atau gerobak

Hal penting yang perlu dipikirkan adalah dimana Anda akan menjual roti bakar. Dimana kiosnya, berapa biaya sewa atau beli nya? Atau, apabila Anda tidak memiliki cukup modal untu menyewa sebuah kios, Anda cukup membeli atau membuat gerobak dan menentukan spot berjualan roti bakar yang strategis namun tidak mengganggu.

  1. Kompor + tabung gas

Hal kedua yang perlu dibeli adalah kompor dan gas untuk memanaskan wajan pemanggang roti. Beli saja gas ukuran 3 kg agar mudah dibawa apabila Anda hanya menggunakan gerobak.

  1. Wajan tempat memanggang roti

Selanjutnya adalah wajan pemanggang roti. Pikirkan ukuran lebar wajan yang Anda butuhkan.

Baca juga : Sari Roti

  1. Toples

Beberapa buah toples perlu dipersiapkan sebagai tempat untuk menyimpan gula pasir, meses, kismis dan taburan lainnya.

  1. Lain-lain

Alat lain seperti spatula, solet, pisau, lap, dus kecil, serta plastik juga harus disiapkan dengan teliti.

Sedangkan bahan yang diperlukan antara lain:

  1. Roti tawar
  2. Mentega
  3. Susu kental manis
  4. Aneka topping dan selai

Perkiraan modal yang diperlukan

Menghitung estimasi biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli peralatan dan bahan sebagai modal usaha roti bakar sangatlah penting untuk dilakukan. Berikut ini perkiraan modal yang diperlukan. Anda setidaknya harus menyiapkan dan sekitar Rp 2.500.000 untuk alat membuat roti bakar, yaitu gerobak Rp 1.500.000, kompor + tabung gas Rp 400.000, wajan atau tempat memanggang Rp 300.000, beberapa toples Rp 100.000, serta peralatan kecil lain Rp 200.000.

Sedangkan untuk bahannya, anggap saja Anda akan memerlukan biaya sebesar Rp 1.000.000. harga bahan tersebut dapat digunakan sebagai persediaan sebulan untuk gas, selai, keju, dan topping lainnya. Jadi, untuk harga alat dan bahan yang diperlukan sebagai modal adalah sekitar Rp 3.500.000.

Tips Memulai Usaha

Berikut ini beberapa tips tambahan tentang strategi memulai usaha roti bakar agar laris diserbu pelanggan.

  1. Yang pertama, carilah tempat yang strategis dan tidak memiliki banyak pesaing. Dalam hal ini, riset kecil perlu dilakukan untuk mencari lokasi yang tepat.
  2. Selanjutnya, jadilah unik, misalnya dengan menambahkan menu baru yang lain dari yang lain.
  3. Buat gerobak dagangan Anda agar mudah terlihat, entah dengan memasang lampu atau mengecat gerobak dengan warna yag mencolok dan mudah dikenali.
  4. Pasang harga yang sesuai dengan target pasaran dimana Anda menjual barang dagangan Anda.
  5. Yang terakhir adalah pelayanan yang ramah dan baik.

Baca juga : 3 Aneka Roti Basah Paling Diminati Masyarakat Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.