Pencegahan Timbulnya Jamur Pada Roti

Pencegahan Timbulnya Jamur Pada Roti

Setiap makanan pastinya akan cepat ditumbuhi bakteri atau jamur jika dibiarkan terlalu lama, salah satunya adalah roti yang mudah sekali ditumbuhi jamur. Roti yang baru keluar dari oven memang memiliki aroma yang memikat dan rasa yang enak. Namun begitu biasanya roti tersebut hanya bisa bertahan 2 hingga 3 hari saja, setelah itu akan muncul jamur. Jamur pada roti akan membuat roti tidak bisa dikonsumsi lagi. Hal tersebut dikarenakan jamur akan memakan nutrisi roti dan menguraikannya. Biasanya jamur yang ada pada roti memiliki warna abu – abu, kehijauan atau kehitaman.

Tentang jamur pada roti

Jamur pada roti sendiri terdiri dari berbagai sel yang memiliki ukuran yang sangat mini sehingga dibutuhkan mikroskop untuk bisa mengamatinya. Jamur yang tumbuh pada roti bisa sangat cepat perkembangannya. Kebanyakan jamur tersebut berasal dari spora yang melayang dengan bebas di sekitar Anda dan akan mendarat pada roti. Dengan begitu, jamur akan tumbuh dan mulai berkembang biak. Memang pada awalnya hanya permukaannya saja yang terlihat sudah ditumbuhi jamur, tapi kemungkinan juga bagian dalam dari roti sudah terkontaminasi jamur. Sebenarnya ada beberapa jenis jamur pada roti, seperti Rhizopus, Fusarium, Monascus dan Penicillium. Di mana setiap jamur tersebut memiliki warna yang berbeda – beda.

Baca juga : Sari Roti

Pencegahan timbulnya jamur

Jamur pada roti bisa dicegah dengan sangat mudah. Ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan sama halnya dengan mencegah pembusukan pada makanan. Salah satunya adalah dengan menjaga kelembapan di area sekitar roti. Seperti yang diketahui, jamur sangat mudah tumbuh pada area yang lembab. Dengan menempatkan roti pada area yang kering dan cukup cahaya merupakan solusi yang tepat.

Selain itu, mencegah pertumbuhan jamur pada roti memakai cara yang klasik yakni dengan menyimpannya pada lemari es. Namun ingat hindari penyimpan yang terlalu lama. Tidak hanya itu, Anda bisa menempatkan roti pada wadah, baik kayu, tanah liat, logam atau plastik yang tentu membuat roti tetap dalam keadaan kering.

Cara yang terbaik adalah dengan menambahkan mentega, susu, telur atau bahan mengandung minyak lainnya dalam pembutan roti. Hal tersebut akan membuat roti dalam keadaaan yang segar dan pertumbuhan jamur pada roti bisa dicegah. Selain itu, mengonsumsinya secara langsung setelah keluar dari oven adalah cara baik.

Demikian beberapa tips pencegahan timbulnya jamur pada roti. Jika Anda melihat jamur ada pada roti, segera buang roti tersebut. Sebab roti yang berjamur tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penyakit karena jamur yang ada pada roti akan timbul, seperti gangguan pernafasan, mempengaruhi sistem imun, dan alergi. Terkadang orang yang mengonsumsi roti yang sudah berjamur akan timbul permasalah seperti depresi atau cemas berlebih.

Baca juga : Memulai Usaha Roti Bakar Hingga Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.