6 Cara Ternak Ayam Buras di Halaman Sempit yang Berhasil

6 Cara Ternak Ayam Buras di Halaman Sempit yang Berhasil

Beternak ayam menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Alasannya karena bisnis ayam tidak akan pernah mati, selama masih banyak orang menyukai ayam maka bisnis tersebut akan banyak dibutuhkan. Yang menarik di sini adalah ayam tidak hanya untuk dikonsumsi pribadi namun banyak juga digunakan untuk acara-acara tertentu seperti hajatan pernikahan, hajatan kelahiran, dan lain sebagainya.

Bagi peternak ayam pemula bisa membudidayakan ayam jenis buras atau bukan ras. Mengapa harus ayam jenis ini?, hal itu dikarenakan ayam jenis ini jauh lebih simpel dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Teknik budidaya yang dimiliki untuk ayam bukan ras ini jauh lebih mudah sehingga cocok bagi pemula. Lalu bagaimana jika hanya memiliki halaman yang sempit?. Tenang saja berikut ini ada beberapa cara ternak ayam buras di halaman sempit yang bisa dilakukan:

Indukan yang Tepat

Salah satu cara ternak ayam buras di halaman sempit adalah pilihlah indukan yang tepat. mau di halaman luas atau di halaman sempit indukan yang tepat ini sangat penting. Tanpa indukan yang berkualitas anak ayam yang dihasilkan juga tidak akan berkualitas. Daya hidup yang tinggi hanya akan didapatkan dari indukan yang berkualitas sehingga jangan mendambakan anak ayam yang berkualitas jika indukannya saja tidak berkualitas.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Kualitas Karkas Ayam Broiler

Kandang Minimalis

Cara ternak ayam buras di halaman sempit yang bisa dilakukan adalah pilihlah kandang yang minimalis. Kandang minimalis ini bisa ditempati maksimal dua pasang ayam indukan. Dengan begitu halaman yang dibutuhkan pun tidak terlalu luas.

Umbaran

Untuk menghindari omelan tetangga sebaiknya ayam selalu di kurung di halaman rumah. Jika dibiarkan lepas dan membuang kotoran sembarangan tentunya hal ini akan menimbulkan masalah dan mengundang omelan tetangga. Oleh sebab itu saat akan beternak ayam buras penting untuk memberikan ruang untuk umbaran. Umbaran ini disebut juga dengan area bermain. Tanpa adanya area untuk umbaran ini akan menyebabkan ayam mudah stress karena selalu di kurung di dalam kandang.

Pakan yang Tepat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berikanlah pakan yang tepat. Pakan ini menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam ternak ayam. Untuk urusan pakan bisa dikatakan jika ayam buras ini tidak rewel seperti dengan ayam yang memiliki ras. Ayam buras bisa menerima makanan apa saja selama makanan tersebut tidak basi. Mulai dari makanan buatan pabrik, biji-bijian, cacahan sayuran, dan lain sebagainya bisa masuk ke dalam perut ayam buras. Anda juga harus mencampurkan makanan yang bisa digunakan sebagai penguat cangkang supaya telur bisa terbentuk dengan sempurna.

Vitamin

Ayam buras terkenal tahan terhadap berbagai macam penyakit, namun jika musim sedang tidak menentu seperti saat ini pemberian vitamin sangat dianjurkan supaya terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan mudah menular di saat musim seperti saat ini. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

Jaga Kebersihan Kandang

Langkah terakhir yang harus dilakukan bagi yang akan beternak ayam meski di halaman sempit adalah selalu menjaga kebersihan kandang. Meski tidak sepanjang hari ayam buras berada di kandang namun menjaga kebersihan ini sangat penting. Kandang yang kotor hanya akan menjadi  sarang kuman dimana bisa menyebabkan penyakit.

Beternak ayam buras bisa dimulai di halaman yang sempit sekalipun. Meski kurang afdol namun beternak di halaman sempit menjadi salah satu cara untuk mencari pengalaman. Dengan pengalaman yang dimiliki saat ternak ayam buras di halaman sempit, Anda kemudian bisa mengembangkannya dalam beternak ayam di halaman yang lebih luas.

Baca juga : 6 Kerugian dan Keuntungan Ternak Ayam Broiler Sistem Kemitraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.