Mengenal Fungsi, Bahan Bakar, Transmisi, dan Sistem Kerja Forklift

Mengenal Fungsi, Bahan Bakar, Transmisi, dan Sistem Kerja Forklift

Sewa forklift diperkotaan terutama di perusahaan-perusahaan berkembang belakangan semakin marak. Kemampuannya memindahkan barang dengan kapasitas besar menjadikan peran kendaraan ini begitu krusial sekaligus sangat efektif mengurangi penggunaan tenaga manusia.

Entah berapa puluh juga rupiah anggaran yang bisa diminimalkan jika alat ini dilibatkan dalam satu proyek, baik skala kecil atau besar. Dengan harga sewa forklift yang terjangkau banyak perusahaan, pabrik, atau home industry yang terbantu dengan keberadaan alat ini.

Sebenarnya apa itu forklift dan bagaiamana sistem kerjanya?

Forklift adalah kendaraan alat berat yang memiliki bagian utama berupa 2 garpu yang berfungsi mengangkat pallet. Biasanya garpu pada forklift sudah kompatibel dengan berbagai jenis pallet yang banyak beredar di pasaran.

Penggunannnya, barang yang akan dipindahkan terlebih dulu diletakkan diatas pallet selanjutnya diangkat untuk dipindahkan. Pengoperasian forklift sendiri tak lepas dari bahan bakar yang dipakai. Adapun sumber energi atau bahan bakar yang digunakan yaitu solar, gas, gasoline, dan battery (diisi ulang dengan tenaga listrik).

Penggunaan bahan bakar sendiri mempengaruhi sistem kerja dan tempat pengoperasiannya. Forklift yang menggunakan solar dan gas lebih sering dioperasikan di luar ruangan (outdoor). Sedangkan  forklift dengan bahan bakar gasoline dan tenaga baterai lebih banyak digunakan dalam ruangan (indoor).

Ini karena gasoline dan baterai hampir tidak menimbulkan polusi sama sekali sehingga aman digunakan dalam ruangan tertutup. Artinya dari sisi kesehatan masih terjamin. Lain hal nya dengan solar dan gas, kedua bahan bakar ini lebih rentan dengan polusi karena gas emisi atau asap yang keluar bisa menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya batuk dan sesak nafas.

Karena lebih aman, forklift gasoline dan baterai banyak digunakan untuk mengangkat barang-barang seperti produk makanan, minuman, garmen, dan produk-produk lain yang harus bebas polusi.

Berdasarkan cara pengoperasiannya, sistem penggerak forklift dibedakan menjadi 2 yaitu Manual Transmission Forklift dan Automatic Transmission Forkift. Selain dari sistem transmisinya, harga sewa forklift sendiri biasanya juga ditentukan menurut kapasitas dan daya angkatnya (lifting).

Forklift tidak bisa dioperasikan oleh sembarang orang. Artinya butuh orang yang sudah profesional dan terlatih. Itupun masih harus ditunjang dengan alat pengaman seperti kacamata, masker, helm, dan sepatu.

BACA JUGA : Faktanya Sewa Forklift Via Leasing Memang Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.