Berbekal Mic Condenser Terbaik, Inilah Tips Merekam Vokal di Rumah

Berbekal Mic Condenser Terbaik, Inilah Tips Merekam Vokal di Rumah

Mic condenser terbaik – Bagi Anda yang ingin merekam suara atau take vocal, rupanya tak hanya dapat dilakukan di studio rekaman saja. Anda dapat melakukan take vocal di rumah, atau kerap disebut dengan home recording. Konsep home recording tak jauh berbeda dengan perekaman di studio, yakni mengadaptasi rekaman analog maupun digital yang umumnya digunakan pada studio rekaman. Agar mendapatkan hasil maksimal, tentu home recording juga harus didukung dengan peralatan memadai. Untuk penjelasan lengkapnya, simak tips merekam vokal di rumah berikut ini.

 

Tips Merekam Vokal di Rumah :

Gunakan Microphone yang Tepat

Piranti penting yang harus ada ketika proses perekaman suara baik di studio maupun di rumah adalah microphone. Namun tak jarang para musisi yang tidak memperhatikan jenis mic apa yang tepat untuk melakukan perekaman suara. Untuk kebutuhan recording, sangat disarankan untuk memakai condenser mic. Karena microphone jenis ini tergolong sensitif sehingga suara yang dihasilkan terdengar lebih detail, natural, dan jernih.

Condenser mic adalah mic yang mampu menyimpan energi dalam bidang elektrostatik. Mikrofon jenis ini juga menggunakan transducer berbahan dasar kapasitor yang memiliki kemampuan untuk mengubah energi akustik menjadi listrik. Mic condenser terbaik sangat sensitif terhadap ambient ruang dan sumber suara yang ada di sekitarnya.

Perhatikan Kondisi Ruangan

Hal selanjutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kondisi ruangan tempat Anda melakukan proses perekaman. Pastikan kondisi kamar atau ruangan tidak bising, akan lebih baik lagi jika ruangan tersebut kedap suara. Ketika proses perekaman berlangsung, jangan sampai ada noise atau suara-suara pengganggu yang masuk ke dalam ruangan. Sehingga sangat disarankan posisi home recording tidak berada di tempat yang bising dan ramai. Anda juga dapat melapisi dinding dengan beberapa bahan pelapis seperti karpet, papan gypsum, glasswall, busa telur, maupun kain majun atau gulungan kain berwarna kuning.

 

Persiapkan Peralatan Pendukung

Selain condenser mic, Anda juga perlu mempersiapkan hardware lain yaitu speaker, soundcard, dan juga headphone. Speaker berfungsi untuk memonitor suara vokal dan musik ketika melakukan perekaman. Anda dapat memilih speaker flat, karena bebas dari coloring sehingga hasilnya tidak akan memberikan warna tambahan dalam spektrum frekuensi maupun sinyal amplitudo. Sehingga tidak akan terpengaruh oleh sinyal yang di-input kepada speaker tersebut. Lalu soundcard merupakan perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk mengolah data berupa suara atau audio. Sedangkan headphone berfungsi untuk memonitor suara ketika proses perekaman berlangsung. Sehingga talent atau penyanyi dapat memastikan apakah suaranya telah sesuai dengan aransemen musik atau belum.

 

Jarak Microphone dengan Penyanyi

Yang tak kalah penting adalah memperhatikan jarak antara microphone dengan penyanyi. Sebisa mungkin jangan berada terlalu dekat dengan mic, agar suara yang dihasilkan tidak pecah atau kerap disebut nge-pirr. Talent atau penyanyi dapat menyesuaikan jarak yang sesuai dengan suara atau dinamika vokal.

Itulah tips merekam vokal di rumah dengan berbekal mic condenser terbaik. Semoga informasi tersebut bermanfaat.  Jika Anda membutuhkan mic condenser, maka Anda dapat mengunjungi website https://www.goshen.co.id/ Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.