Mengenal 4 Kategori Perusahaan Fintech Indonesia

Mengenal 4 Kategori Perusahaan Fintech Indonesia

Kategori Perusahaan Indonesia

Fintech di Indonesia sekarang semakin menjamur. Fintech sendiri bisa diartikan sebagai bisnis rintisan yang bergerak di jasa keuangan dengan basis teknologi. Meski terbilang baru nyatanya sudah banyak masyarakat mengenal dan mulai memanfaatkan jasanya.

Akan tetapi, selama ini mungkin masyarakat sebatas mengenal fintech sebagai layanan pinjaman online. Padahal fintech yang berkembang di tanah air banyak macamnya. Adapun secara umum bisa dikategorikan sebagai berikut:

  1. Payment, Clearing, Settlement

Kategori fintech Indonesia pertama bergerak dalam layanan sistem pembayaran yang termasuk dalam ranah BI (Bank Indonesia). Diantaranya mencakup payment gateway atau e wallet. Layanan ini dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah sekaligus mempercepat transaksi pembayaran secara online. Dimana Anda bisa melakukan pembayaran cukup dengan satu portal yang sama.

  1. Crowdfunding & P2P Lending

Fintech kategori ini bisa dibilang paling populer di masyarakat yang dikenal pula sebagai fintech pendanaan atau penyedia jasa investasi modal kecil. Adapun crowdfunding termasuk fintech yang memberikan pelayanan pendanaan massal yang ditujukan untuk sejumlah proyek Sementara P2P atau Peer to Peer Lending akan menjembatani pihak peminjam dengan pemberi dana.

Bagi Anda yang memiliki rencana investasi jangka pendek, maka dapat memanfaatkan jenis fintech satu ini. Layanan aman digunakan dan terbukti menguntungkan. Dimana risiko cukup minim. Adapun pendanaan diberikan dalam variasi kisaran biaya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : Daftar Perusahaan Fintech Indonesia yang Sudah Terdaftar OJK

  1. Market Aggregator

Kategori fintech Indonesia lainnya diketahui sebagai portal dengan fungsi mengumpulkan dan mengolah data. Khususnya data produk keuangan. Dimana data yang terkumpul nantikan akan ditampilkan kepada pengguna fintech perlu melakukan perbandingan produk agar lebih mudah dalam mengambil keputusan terbaik.

Menggunakan fintech jenis ini Anda dapat melakukan banyak hal. Mulai dari membandingkan harga, fitur, hingga manfaat antara produk keuangan yang satu dengan yang lain. Bagi Anda yang berencana mencari pinjaman online, maka fintech ini siap membantu menyajikan semua fintech dengan layanan pinjaman online terpercaya yang tersedia di Indonesia.

  1. Manajemen Risiko & Investasi

Untuk melakukan perencanaan keuangan kini bisa lebih mudah. Yakni dengan menggunakan jenis fintech manajemen risiko dan investasi. Fintech ini memberi layanan guna melakukan penilaian akan kondisi keuangan pengguna agar mampu membuat perencanaan terbaik. Semua proses berlangsung mudah menggunakan smartphone di genggaman.

Bisa dibilang jenis fintech satu ini menyerupai robo advisor atau software. Tepatnya software yang memiliki fungsi penasehat keuangan di e insurance atau platform e trading. Jadi bisa dibilang Anda akan memiliki penasehat pribadi yang tentunya akan memberi masukan terbaik.

Demikian beberapa kategori perusahaan fintech Indonesia yang bisa Anda temukan di tanah air. Kini masalah pendanaan pribadi tidak perlu diambil pusing. Kehadiran fintech Indonesia terbukti mampu meringankan pekerjaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.