Kelebihan Ventura Capital dibanding Bank Sebagai Sumber Dana untuk Bisnis

Kelebihan Ventura Capital dibanding Bank Sebagai Sumber Dana untuk Bisnis

 

Ada beberapa perbedaan antara penggunaan modal ventura dengan penggunaan modal pinjaman dari bank. Untuk mengetahui perbedaannya anda bisa mengetahuinya dari artikel sebelumnya yang kami berikan. Untuk artikel ini kami akan lebih membahas mengenai keuntungan yang didapatkan dalam sistem permodalan Ventura Capital ini. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

 

Keuntungan bagi investor

Dalam kerjasama Ventura Capital ini tentu keuntungan akan didapatkan baik investor selaku pemberi dana dan juga investee selaku peminjam dana. Untuk investor keuntungannya ada 2 macam yaitu :

  • Mengenai Jumlah keuntungan yang didapatkan

Salah satu keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan investor dalam kerjasama Ventura Capital adalah mengenai jumlah keuntungannya. Jumlah keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan investor dalam kerjasama Ventura Capital ini memang sangat besar. Hal ini disebabkan karena modal Ventura Capital sesungguhnya adalah modal utama dari perusahaan yang mendapatkan pembiayaan oleh karena itu timbal balik yang akan didapatkan oleh perusahaan penanam Modal Ventura sudah pasti besar.

  • Dapat campur tangan dalam manajemen perusahaan

Selain mendapatkan keuntungan yang besar, perusahaan penanam Ventura Capital juga memiliki keuntungan lebih besar dalam sistem manajemennya. Dalam sistem kerjasama Ventura Capital perusahaan penanam modal akan mendapatkan wewenang dan terlibat dalam sistem manajemennya.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena sebagian besar uang yang digunakan dan uang mengalir dalam perusahaan adalah uang dari pihak penanam Ventura Capital. Jadi untung rugi dari uangnya, perusahaan penanam Modal Ventura dapat ikut mengatur.

Baca Juga : Mengenal 4 Kategori Perusahaan Fintech di Indonesia

 

Keuntungan bagi investee

Selain keuntungan bagi penanam modal keuntungan lain juga didapatkan oleh pihak investee. Apa saja keuntungannya? Keuntungannya antara lain adalah :

  • Lebih mudah mencari modal tanpa jaminan

Perusahaan yang menggunakan sistem modal Ventura Capital biasanya adalah perusahaan yang masih baru dan masih kecil. Meski begitu perusahaan ini memiliki visi dan misi yang besar sehingga untuk mencapainya dibutuhkan biaya yang besar. Hal inilah yang menyebabkan pihak kesulitan dalam mendapatkan modalnya. Karena ia tidak cukup baik untuk mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar pada bank.

Dengan adanya Modal Ventura perusahaan investee bisa mendapatkan pembiayaan lebih besar sehingga ia lebih mudah melakukan usahanya tanpa bingung mencari uang ke bank mana. Ia dapat lebih maksimal menjalankan strategi marketingnya sehingga lebih mudah masuk ke persaingan pasar

  • Investor yang ikut campur tangan dalam jalannya perusahaan.

Keuntungan lainnya adalah mengenai campur tangan yang dilakukan oleh investor dalam manajemen perusahaannya. Investor dalam Ventura Capital biasanya adalah orang yang sudah mapan sehingga pengalaman usahanya besar. Jadi jika melakukan campur tangan untuk kepentingan bersama, maka keuntungan akan lebih mudah diperoleh. Hal ini merupakan salah satu keuntungan bagi investor maupun bagi investee dalam Modal Ventura.

Baca Juga : Cara Mandapatkan Investasi dari Modal Ventura

Salah satu perusahaan modal ventura di Indonesia adalah Alpha JWC Ventures yang sudah berpengalaman sebagai investor bagi beberapa startup kenamaan, seperti UangTeman, Kopi Kenangan, Kredivo dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.