Mengapa Kaum Milenial Lebih Menyukai Bekerja di Coworking Space?

Mengapa Kaum Milenial Lebih Menyukai Bekerja di Coworking Space?

 

 Coworking space atau ruang kerja bersama kini tengah menjadi ruang kerja favorit khususnya para generasi milenial. Bukan tanpa alasan, ruang kerja bersama dipilih karena menawarkan sisi kepraktisan dan fleksibilitas yang tinggi. Selain itu, ruang kerja bersama memiliki konsep open space yang lebih mengedepankan sharing atau berbagi. Umumnya ruang kerja bersama memiliki satu ruangan terbuka dimana terdapat banyak meja kursi yang dapat digunakan bersama-sama. Ruang kerja bersama tersebut dapat disewa siapa saja, baik pekerja lepas, pelaku bisnis, hingga pegiat startup. Dengan ruang kerja bersama, memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak rekan yang berpotensi menjadi konsumen atau klien Anda. Selain itu, apa alasan kaum milenial lebih menyukai untuk bekerja di ruang kerja bersama?

1. Lebih Hemat Biaya

Jika dilihat dari segi ekonomi, menyewa satu ruangan untuk bekerja cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa satu gedung. Bayangkan jika Anda harus menyewa gedung, pasti akan dipusingkan dengan sederet biaya-biaya lain seperti biaya keamanan, biaya kebersihan, biaya perawatan, biaya pemasangan internet, dan lain-lain. Terlebih bagi para milenial yang ingin segalanya serba instan dan praktis, memilih untuk menyewa ruang kerja bersama tentu terbilang lebih efektif.

2. Dapat Memperluas Koneksi

Bekerja di ruang kerja bersama berarti Anda akan bertemu dengan banyak orang yang berasal dari latar belakang berbeda. Kemungkinan besar setiap harinya orang-orang yang akan Anda temui juga berbeda, sehingga ruang kerja bersama dirasa tepat dan sempurna jika ingin memperluas koneksi. Hal tersebut tentu menguntungkan karena koneksi tersebut nantinya bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda.

3. Tanggung Jawab dan Komitmen yang Kecil

Berbeda dengan menyewa kantor konvensional yang harus memperhatikan kebersihan, keamanan, pemeliharaan gedung, dan lain-lain, coworking space dinilai memiliki tanggung jawab yang lebih kecil. Karena hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab pemilik bangunan, untuk itulah ruang kerja bersama sangat disukai generasi milenial.

Selain tanggung jawab yang kecil, komitmen menyewa ruang kerja bersama juga kecil karena periode sewa ruang kerja bersama sangat fleksibel. Bahkan Anda dapat menyewa coworking harian, bulanan, atau tahunan. Lamanya periode sewa tentu berpengaruh pada komitmen yang wajib dilaksanakan ketika masih dalam periode sewa.

4. Fleksibel

Berbicara mengenai ruang kerja bersama tentu tak lepas dari fleksibilitas yang ditawarkan. Terlebih bagi kaum milenial yang lebih menyukai kebebasan, konsep coworking dinilai sangat cocok dengan kaum milenial. Anda dapat datang dan pergi dari ruang kantor bersama kapanpun tanpa terikat peraturan waktu. Anda juga bebas mengenakan pakaian apapun senyaman Anda, tanpa harus mengenakan pakaian kerja formal. Anda pun juga bebas menentukan tempat bekerja, jika merasa bosan Anda bebas berpindah-pindah spot sesuka hati Anda. Fleksibilitas inilah yang ditonjolkan dalam ruang kerja bersama, sehingga tak heran jika kaum milenial menggandrungi konsep coworking ini. Fleksibilitas ini juga berpengaruh pada produktivitas Anda, sehingga mampu mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat dan optimal.

Demikianlah alasan kaum milenial lebih menyukai bekerja di coworking space. Apakah Anda juga tertarik untuk bekerja di ruang kerja bersama?

Baca juga : Berbagai Fasilitas yang Ada di Vantage Office

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.